20190330 - LebSolution PSM for IATMI-UAE - 01

LebSolution PSM for IATMI UAE Evening Talk

Created on March 30, 2019

Salah satu hal yang bikin betah saat tinggal di Abu Dhabi adalah mendapatkan teman-teman baru para professional Indonesia yang saat ini juga tinggal dan bekerja atau berbisnis di Abu Dhabi. Yang uniknya, walaupun berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan bidang keahlian, hampir semuanya masuk dan aktif dalam komunitas professional IATMI Chapter UAE, termasuk para pejabat di kantor Keduataan Besar Republik Indonesia di Abu Dhabi.

IATMI adalah singkatan dari Ikatan Ahli Teknik Minyak Indonesia. IATMI Chapter UAE saat ini diketuai oleh Pak Andi AB Salahuddin, salah satu dari para pakar dan Senior Geologist asal Indonesia yang sekarang jadi andalannya ADNOC Onshore untuk menemukan dan mengembangkan cadangan-cadangan minyak dan gas baru. Organisasi profesi di bidang Migas ini cukup mentereng di Indonesia dan sekitarnya, dan punya cabang di hampir semua negara… Bener kan Pak Andi AB Salahuddin? He he he.

Dari nama yang dimulai dengan “Andi” dan penulisan “Salahuddin” dengan dua huruf “dd”, pasti temans-temins semua mengerti bahwa dia adalah orang Makassar, Sulawesi Selatan. Satu daerah asal dengan tokoh Makassar inspiratif lainnya yang saya kenal, yaitu Pak Zakir Sabara Haji Wata, Dekan FTI UMI yang fenomenal itu… ha ha ha.

Saya sendiri sudah hampir setahun ini jadi anggota IATMI UAE dan ikut aktif sebagai peserta dalam berbagai kegiatannya. Salah satu kegiatan rutin yang saya rasakan sangat bermanfaat dan produktif adalah “IATMI UAE EVENING TALK” yang diisi dengan Sharing Session dari para anggota untuk anggota lainnya, dengan topik beragam sesuai bidang keahlian masing-masing.

Nah, Alhamdulillah, malam ini Sabtu 30 Maret 2019, saya dapat kesempatan untuk mengisi Evening Talk, yang saya isi dengan topik “Process Safety Management in Oil&Gas and Petrochemical Industry”. Sengaja topik ini yang dipilih karena disamping relevant dengan bidang kerja anggota IATMI UAE, juga karena materinya sudah ada dan saya tidak perlu terlalu keras lagi belajarnya… ha ha ha.

Malam ini ada dua nara sumber, di samping saya sendiri pembicara satunya lagi adalah Pak Ir. Arko Kartodiryo, MSc., PhD, Ex-Praktisi Migas dan saat ini juga sebagai Dosen Higher Colleges of Technology di Abu Dhabi, untuk bidang Electrical Engineering, Computer, dan Mechatronic. Menarik materi yang disampaikan Pak Arko, dimana dia menjelaskan bawah dia sudah mengaplikasinya “Electrical Power Generation” memakai solar panel di rumahnya sendiri dan memakai “Dual Meter” yang mana bisa mengukur berapa listrik yang dikembalikan dari ruamhnya ke Grid PLN untuk dapat potongan biaya listriknya. Mantap Pak Arko.

Alhamdulillah, kedua pemateri dalam Evening Talk ITAMI UAE 30-Mar-2019 yang dilaksanakan diruang Ahmad Subarjo, KBRi Abu Dhabi malam ini, bisa menjawab semua pertanyaan bertubi-tubi yang diberikan audiences sehingga gelar “Ahli-nya Ahli” dan “Inti-nya Inti” berhasil diraih (maaf meminjam istilah dari Pak Gundul yang sedang jadi trending topic itu).

Dan seperti biasa, tentu saja, sebagaimana lazimnya saat komunitas Indonesia berkumpul, disana pasti ada Kopi, Teh, Paket Makan Malam, dan yang pasti GORENGAN. He he he. Terima kasih untuk panitia IATMI-UAE Evening Talk atas suguhannya.

20190330 - LebSolution PSM for IATMI-UAE - 02 20190330 - LebSolution PSM for IATMI-UAE - 03 20190330 - LebSolution PSM for IATMI-UAE - 04 20190330 - LebSolution PSM for IATMI-UAE - 05

Sampai jumpa di Note of Today (NOT) berikutnya.
Salam Semangat Sehat Sukses Selalu

Lukmanul Hakim
www.lebsolution.com


Explore other News